Begini Cara Mengatasi Smartphone Dengan Baterai Tanam yang Mengalami Freeze atau Crash

Meskipun punya banyak teknologi canggih, ternyata smartphone itu juga bisa mengalami banyak masalah ketika digunakan. Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna smartphone adalah crash ataupun freeze.

Crash atau freeze ini paling sering terjadi ketika smartphone digunakan untuk membuka aplikasi. Masalah crash ataupun freeze ini juga akan makin sering dialami pada smartphone yang usianya sudah cukup tua.

Secara garis besar, memang akan sangat mudah untuk mengatasi masalah freeze ataupun crash pada smartphone lama. Pengguna hanya perlu melepas baterai kemudian memasangnya kembali setiap kali smartphone mengalami crash ataupun freeze.

Namun bagaimana jika smartphone yang anda miliki sudah menggunakan teknologi baterai tanam? Bagaimana caranya mengatasi smartphone yang freeze atau crash jika anda sama sekali tidak bisa mengakses baterainya?

Bagi anda yang ingin tau bagaimana caranya mengatasi smartphone dengan baterai tanam yang mengalami crash ataupun freeze, anda bisa pelajari caranya melalui artikel ini.

Ini 3 Macam Cara Untuk Mengatasi Smartphone Dengan Baterai Tanam yang Mengalami Freeze atau Crash

Seperti yang sudah disebutkan, jika smartphone yang anda miliki masih bisa diakses baterainya, anda tidak perlu bingung ketika smartphone tersebut freeze ataupun crash.

solusi atasi smartphone dengan baterai tanam yang mengalami freeze atau crash » Begini Cara Mengatasi Smartphone Dengan Baterai Tanam yang Mengalami Freeze atau Crash

Anda hanya perlu mencabut baterai dan memasangnya kembali. Namun masalahnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan pada smartphone masa kini yang sudah menggunakan baterai tanam.

Untuk anda yang memiliki smartphone dengan baterai tanam, anda bisa mengatasi masalah smartphone freeze ataupun crash dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Menekan tombol reset

Jika sampai mengalami freeze ataupun crash, sebenarnya anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan menekan tombol reset pada smartphone yang anda miliki.

Tombol reset ini biasanya memang tidak terlihat. Biasanya vendor smartphone memang menyembunyikan tombol reset ini.

Tombol reset smartphone bisa ditemukan biasanya di dalam sebuah lubang kecil. Letak tombol reset ini berbeda-beda dari satu seri smartphone dengan seri lainnya.

Yang pasti, anda membutuhkan jarum untuk bisa mengakses tombol reset di smartphone tersebut karena ukuran lubangnya memang sangat kecil.

  1. Menggunakan kombinasi tombol power dan volume

Jika memang smartphone yang anda miliki sama sekali tidak terdapat tombol reset darurat, maka anda bisa coba mengatasi smartphone baterai tanam yang mengalami freeze atau crash dengan menggunakan kombinasi tombol power dan juga volume.

Untuk smartphone dengan sistem operasi Android, biasanya smartphone tersebut bisa di-reset menggunakan kombinasi tombol power dengan volume up ataupun down.

Setelah ditekan bersamaan dan ditahan beberapa detik, biasanya smartphone akan mati dan bergetar. Proses reset smartphone kemungkinan juga berjalan agak lama karena dalam proses tersebut, sistem operasi Android biasanya sekaligus melakukan pengecekan pada kerusakan file sistemnya.

  1. Mendiamkan hingga baterai smartphone habis

Jika smartphone yang anda miliki sama sekali tidak terdapat tombol reset darurat dan juga tidak bisa di-reset dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume, maka cara selanjutnya untuk mengatasi smartphone yang mengalami freeze ataupun crash adalah dengan mendiamkan smartphone tersebut hingga baterainya habis.

Untuk bisa mempercepat proses menghabiskan baterai smartphone anda yang mengalami freeze ataupun crash, anda bisa berulang kali menyentuh layar touch screen.

Jika baterai smartphone sudah habis, lakukan pengisian daya baterai hingga penuh. Setelah baterai benar-benar penuh, coba hidupkan kembali smartphone tersebut.

Lalu bagaimana jika selama mengalami freeze ataupun crash smartphone juga mengalami overheat?

Jika selain mengalami crash ataupun freeze smartphone anda juga mengalami overheat, dan andapun tidak bisa mematikannya dengan menggunakan tombol reset darurat ataupun kombinasi tombol power dan volume, maka anda disarankan untuk segera membawanya ke servis center resmi.

Kenapa? Karena smartphone yang mengalami freeze ataupun crash dan tidak bisa dimatikan kemudian mengalami overheat itu sangat berbahaya. Smartphone yang overheat bisa meningkatkan resiko meledaknya baterai smartphone.

Oleh sebab itu, jika memang sudah tidak bisa dimatikan ketika mengalami freeze ataupun crash, segera bawa smartphone ke servis center resmi.