Ini Beragam Gesture Control yang Bisa Digunakan di Sistem Operasi Android 10

Ada banyak sekali fitur baru yang disematkan di dalam sistem operasi Android 10. Salah satu fitur yang mendapatkan pembaruan total adalah fitur yang disebut dengan gesture control.

Fitur gesture control yang ada di sistem operasi Android 10 memang dibuat jauh lebih memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai macam menu di dalam smartphone Androidnya.

Namun sayangnya, karena banyaknya perubahan pada fitur gesture control, banyak pengguna yang justru bingung ketika mau menggunakan fitur tersebut.

Bagi anda yang sampai saat ini masih merasa bingung mengenai fitur gesture control yang ada di sistem operasi Android 10, anda bisa pelajari lebih lengkap mengenai fitur tersebut di dalam artikel ini.

5 Macam Fitur Gesture Control Dasar di Sistem Operasi Android 10

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali sebenarnya fitur gesture control di sistem operasi Android 10. Namun dari sekian banyak, hanya ada 5 yang merupakan fitur dasar yang wajib anda ketahui.

fitur gesture control os android 10 » Ini Beragam Gesture Control yang Bisa Digunakan di Sistem Operasi Android 10

Berikut ini adalah 5 fitur gesture control dasar pada sistem operasi Android 10 yang wajib anda pahami penggunaannya:

  1. Gesture control untuk mengakses home

Untuk mengakses menu home di dalam smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10, anda hanya perlu melakukan swipe up di bagian layar.

Ketika melakukan swipe up, maka secara otomatis layar smartphone akan kembali menampilkan menu home. Hal ini berlaku ketika anda berada di dalam menu apapun di dalam smartphone Android.

  1. Gesture control untuk kembali atau menutup aplikasi

Jika anda ingin kembali ke aplikasi sebelumnya yang sudah anda buka, anda tidak perlu menekan tombol recent apps lagi di smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10.

Yang perlu anda lakukan untuk kembali ke aplikasi yang sudah anda buka sebelumnya adalah dengan melakukan swipe layar ke kiri ataupun ke kanan.

Hal ini juga berlaku ketika anda mau menutup aplikasi yang sedang anda buka. Ketika mau menutup aplikasi tertentu, anda hanya perlu swipe layar ke kiri ataupun ke kanan saja.

  1. Gesture control untuk berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain

Bagi anda yang membuka 2 atau lebih aplikasi secara bersamaan dan mau berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, anda juga bisa melakukan hal tersebut dengan sangat mudah menggunakan fitur gesture control.

Untuk bisa berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, anda hanya perlu melakukan swipe up dan tahan di layar. Sambil menahan layar, lakukan swipe ke bagian kiri ataupun kanan layar untuk berganti ke aplikasi lain yang masih terbuka.

  1. Gesture control untuk menampilkan semua halaman yang berjalan di belakang layar

Jika anda mau melakukan multitasking dengan menampilkan semua halaman aplikasi yang anda jalankan di dalam smartphone Android 10, anda hanya perlu melakukan swipe up di bagian layar kemudian tekan layar.

Dengan melakukan gesture control tersebut, secara otomatis layar smartphone akan menampilkan semua halaman yang sedang berjalan di belakang layar.

  1. Gesture control untuk mengakses Google Assistant

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna smartphone Android di OS Android 10 adalah hilangnya tombol home di layar.

Dengan tidak adanya tombol home tersebut, maka banyak yang kebingungan bagaimana caranya mengakses fitur Google Assistant.

Pada smartphone yang sudah menggunakan OS Android 10, memang cara untuk mengakses Google Assistant juga sudah menggunakan gesture control.

Gesture control untuk mengakses Google Assistant di smartphone Android 10 adalah dengan swipe down ke bagian pojok kanan maupun kiri bawah layar.

Dengan melakukan swipe down ke bagian pojok bawah layar, secara otomatis anda akan dibawa ke fitur Google Assistant.

Secara sekilas, memang fitur gesture control di smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 10 ini terasa begitu rumit. Namun sebenarnya, hal tersebut disebabkan karena anda belum biasa saja.

Jika sering digunakan, sebenarnya perubahan pada fitur gesture control di sistem operasi Android 10 ini benar-benar jauh lebih efisien dibandingkan dengan 3 tombol di sistem operasi Android lama.